3 Poin Menuju Peternak Bebek pedaging yang Sukses



Ternak Bebek Pedaging.
bebek pedaging, hewan ini sudah begitu tenar ditelinga kita. Begitu banyak rumah makan dan warung-warung kuliner yang menjual hasil olahan daging bebek, sehingga permintaan akan daging bebek mulai meningkat dari hari ke hari.

Peminat usaha penggemukan bebek pedaging juga lumayan banyak dilirik oleh orang – orang yang mau menghasil pundi –pundi rupiah tambahan atau juga bisa jadi sebagai penghasilan utama jika memang benar –benar ditekuni. Ada tiga macam jenis bebek bebek yang biasa diternakkan untuk diambil daging nya yaitu, bebek jantan local, bebek hibrida, dan bebek peking.

Didalam usaha peternakan bebek pedaging tidak jauh berbeda dengan peternakan bebek petelur, semuanya hampir sama.

Anda dapat membacanya dalam artikel saya yang berjudul Kiat Sukses Ternak Bebek petelur

Namun ada beberapa hal sedikit berbeda Berikut Sedikit pemaparannya.


1.       Penargetan Pasar


Penargetan Pasar disini berarti sebelum anda meulai ternak bebek pedaging anda harus memiliki target pasar atau tempat penjualan nya nantinya, yang berarti anda harus mencari tempat penjualan dan memastikan produk daging bebek seperti apa yang mereka inginkan, karena biasanya permintaan berbeda – beda tergantung kebutuhan. Setelah itu barulah anda masuk tahap peternakan.


2.       Pemilihan Jenis Bebek Pedaging.


Kalau yang Pertama sudah selesai dan sudah dipastikan permintaan nya daging bebek nya jelas barulah memilih jenis bebek pedaging yang akan dibesarkan, missal kalau mereka meminta karkas yang berat nya kisaran 1,2 kg berarti anda cukup membeli bebek jantan local atau bebek hibrida dengan lama pembesaran sekitar 2 bulan, atau kalau mereka memiinta bebek yang dewasa berarti anda bisa memilih Bebek jantan local, bebek hibrida, Atau bebek peking Yang lama pembesarannya sekitar 3 bulan – 4 bulan.


3.       Pemeliharaan


Pada tahap pemeliharaan, peternak harus mengerti bagaimana cara memelihara bebek dari DOD Sampai Panen, berikut sedikit penjelasan.


a)      Perawatan DOD


Perawatan DOD sebaiknya kandang dibuat box yang memiliki kehangatan yang merata dengan memberikan lampu pada tiap sisi box, dalam 1 meter persegi sebaiknya diisi bebek tidak lebih dari 50 ekor DOD, Pemberian makan dapat diberikan Pur BR 1 Secara Terus menerus selama 14 Hari, dan bisa mulai dicampur dengan Ransum racikan sendiri yang kadar Protein 19 -20 % dan kalori 2700 -2800 kkal, bisa menggunakan dedak, tepung jagung, dan konsentrat. Atau bisa juga dengan menggunakan pakan pabrikan yang sudah jadi yang biasa dijual di toko peternakan, namun harganya pun lebih mahal tentunya.dengan cara diberikan ditempat pakan yang biasa digunakan untuk ayam broiler, jangan lupa ya diberi minum juga yang pada umur ini sebaiknya diberikan Vitamin dan antibiotic.

lebih jelas tentang Baca artikel : Tentang pemeliharaan DOD

b)      Perawatan Finishing.



Setelah menginjak umur 21 Hari bebek sudah mulai harus diupayakan agar beratnya mencapai berat yang dikehendaki pada saat panen nanti, pada saat bebek sudah berumur 21 hari bebek pedaging biasanya sudah dikenalkan dengan pakan BR 2 atau pakan campuran yang terdiri dari beberapa campuran yang memenuhi Kebutuhan nutrisi bebek pedaging agar cepat gendut atau bongsor, pada tahap ini bisanya pakan campuran diberikan dengan diberikan air sedikit dan diaduk sampai pakan agak sedikit basah ini bertujuan agar bebek tidak kesulitan untuk menelan, pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari pagi dan sore hari, dan pada waktu siang hari berikan pakan berupa sayuran. ingat tetap pilihlah bahan campuran pakan yang murah dan mudah didapat agar dapat menekan modal dan memperbesar keuntungan tentunya.


terima kasih telah membaca Artikel 3 Poin Menuju Peternak Bebek pedaging yang Sukses Semoga Bermanfaat




0 Response to "3 Poin Menuju Peternak Bebek pedaging yang Sukses"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel