TERNAK BEBEK PETELUR YANG BAIK DAN BENAR SUPAYA SUKSES

Bebek petelur mungkin tidak asing lagi ditelinga kita, hewan satu ini sudah banyak diternakkan di beberapa daerah di Indonesia atau mungkin seluruh daerah Indonesia. Sudah banyak sekali yang menernakkan bebek petelur namun untuk skalanya mungkin tidak melebihin skala seperti pada peternakan ayam merah, karena banyak peternak yang hanya beternak untuk kebutuhan konsumsi saja, ada juga yang mau beternak dengan memulainya dengan modal  yang tidak sedikit namun dikarenakan cara yang digunakan belum tepat sehingga usaha peternakan nya tidak berkembang dan bangkrut.

Baiklah pada artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa kiat sukses dalam beternak bebek petelur, Sebelum memulai peternakan bebek petelur sebaiknya para juragan memiliki perencanaan langkah – langkahnya. Mulai dari persiapan modal, pembuatan kandang, peralatan Kandang, bibit yang berkualitas, campuran pakan dan sumber pakan,Sumber Air, Tehnik Pemeliharaan, penjualan hasil produksi.

Berikut saya akan mencoba memaparkan semua langkah – Langkahnya satu persatu:


1.       Persiapan Modal


Modal sangatlah penting karena tanpa modal usaha apapun tidak mungkin berjalan termasuk usaha peternakan bebek petelur, modal digunakan dalam segala hal dalam peternakan bebek petelur, dari pembuatan kandang, Pembelian peralatan kandang, Pembelian bibit yang berkualitas, pembelian Pakan, menggaji SDM kecuali juragan turun tangan sendiri, termasuk didalam penjualan hasil produksi, sehingga mutlak Modal harus diperlukan.

2.       Pembuatan Kandang


Didalam Pembuatan Kandang Ada beberapa tipe kandang yang semuanya bagus mulai dari tipe Box, Ranch, Postal dan Panggung. Tiga macam kandang yang harus disiapkan apabila peternak memulai peternakan dari DOD, Yaitu Box Untuk kandang DOD atau anakan Karena pada masa ini Bebek memerlukan perlakukan khusus untuk lebih jelasnya baca artikel tentang Pemeliharaan DOD Bebek, yang kedua kandang tipe Ranch atau postal Untuk Bebek Dara Atau remaja karena pada masa ini juga membutuhkan perlakuan yang khusus Untuk lebih jelasnya Baca juga artikel Memelihara Bebek Dara, Yang ketiga Yaitu kandang tipe Panggung Untuk Bebek Fase Layer Atau masa Produksi karena pada fase ini bebek diharapkan untuk tidak telalu banyak beraktifitas sehingga dapat menekan kebutuhan kalori dan protein yang seyogyanya diharapkan digunakan untuk bertelur Untuk lebih Jelasnya Baca Juga Artikel Tentang Memelihara Bebek fase Layer.

3.       Peralatan Kandang


Peralatan Kandang Yang tepat dibutuhkan Dalam peternakan bebek Petelur, Mulai dari tempat pakan sesuai dengan umur bebek Bebek mulai dari DOD, Dara, sampai Layer, tempat minum, lampu, sekop untuk membersihkan kotoran dan juga mengaduk pakan dan peralatan memadai Lannya.

4.       Bibit yang berkualitas


Bibit yang berkualitas sangat menentukan hasil dari peternakan bebek petelur mulai dari jenis nya antara lain bebek alabio, bebek ratu, bebek mojosari dll, dan juga dalam memilih bibit bebek atau DOD harus memenuhi persyaratan Bobot Antara 38-40g, Berbulu bagus dan kering,Pegerakan lincah, matanya terbuka semua dan bersinar, kaki tidak cacat dan tali pusar sudah kering, kenapa harus demikian karena karena kalau tidak demikian biasanya DOD mudah mati atau kalaupun besar pertumbuhan nya kerdil sehingga hasil produksinya tidak bagus.

5.       Sumber Pakan dan Campuran Pakan


Tidak bisa dipungkiri dalam beternak bebek petelur pakan adalah hal yang paling utama dalam mencapai keberhasilan peternakan dikarenakan lebih dari 70% keberhasilan Peternakan Bebek petelur ditentukan oleh mutu atau kualitas yang diberikan Pakan yang lumrah atau biasa digunakan antara lain Jagung, konsentrat dan dedak. Namun ada juga yang menggunakan tepung daging, ikan rucah tepung kerang, tepung roti dll, namun hal yang harus diperhatikan apapun campuran pakan, nilai nutrisinya harus memenuhi  protein kasar  17 -19 %. Dan kalori sebesar 2700 – 2800kkal, kalau angka itu terpenuhi  maka akan bagus pula hasilnya.

6.       Sumber Air


Air sangat dibutuhkan dalam peternakan bebek petelur untuk kebutuhan minum bebek yang tidak boleh putus karena kalau air minum putus ya bisa kacau, bebek bisa mati karena tidak minum, disamping itu juga air digunakan untuk membersihkan kandang dan peralatan kandang sehingga bebek petelur terhindar dari penyakit.

7.       Tehnik pemeliharaan


Tehnik pemeliharaan harus dimiliki seorang peternak seperti tehnik Pemeliharaan pada DOD, Bebek Dara,dan juga layer.jelasnya baca artikel Pemeliharaan DOD, Pemeliharaan bebek Dara, Pemeliharaan Bebek fase Layer. Karena kalau salah akan berakibat pada hasil produksi telur yang tidak optimal.

8.       Pemanenan


Lakukan pemanenan telur setiap pagi hari jangan terlalu lama telur berada dikandang dikarenakan kalau telur terlalu lama dikandang telur akan kotor atau bisa juga pecah setelah di panen lakukanlah penyortiran telur yang pecah atau retak karena kalau dibiarkan dapat merusak kualitas telur yang lain. Setelah itu telur dapat langsung dijual kepasar atau tempat – tempat yang menerima telur seperti penjual martabak telur, tukang jamu dll, namun telur sebaiknya tidak disimpan lebih dari 14 hari karena kalau lebih biasabya telur sudah tidak bagus lagi. Atau bisa juga dilakukan pengawetan dengan tehnik  pengasinan.


Terimakasih telah membaca Artikel tentang kiat sukses ternak bebek petelur, terima kasih.

0 Response to "TERNAK BEBEK PETELUR YANG BAIK DAN BENAR SUPAYA SUKSES"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel