CARA MENGHADAPI FASE MOULTING ATAU RONTOK BULU PADA BEBEK PETELUR




CARA MENGHADAPI FASE MOULTING  ATAU RONTOK BULU PADA BEBEK PETELUR

Moulting, hal ini adalah hal yang paling tidak disukai oleh peternak itik petelur. Moulting ialah fase dimana bebek mengalami rontok bulu, pada fase ini terjadi regenerasi bulu dengan cara rontok bulu dan kemudian secara perlahan bulu bebek kembali normal seperti semula.

Fase moulting atau rontok bulu biasa nya terjadi setelah bebek berproduksi aktif selama kurang lebih 10 bulan sampai 12 bulan. Setelah itu bebek mulai memasuki fase rontok bulu atau moulting dengan panjang masa moulting sekitar 1 bulan – 2 bulan, pada fase ini biasanya produksi telur menurun drastis mencapai angka produksi dibawah 30%, atau sama sekali berhenti bertelur. Pada fase ini seorang peternak bebek petelur dapat mengalami kerugian apabila tidak pintar-pintar menyiasatinya.


Pada fase moulting atau rontok bulu ada dua pilihan yang dapat ditempuh oleh peternak bebek petelur

1.       Menjual semua bebek yang rontok bulu dan dianggap afkir kemudian menggantinya dengan bebek muda yang produktif.

2.       Peternak itik dapat melakukan beberapa kiat dalam menghadapi fase moulting atau rontok bulu dengan menekan bajet yang digunakan untuk pakan  yaitu dengan cara tidak memberikan makanan sama sekali selama 2 hari dan hanya memberikan minum saja secara tidak putus, hal ini bertujuan untuk menyeragamkan proses moulting dalam suatu kelompok bebek petelur. Kemudian dilanjutkan ketahap selanjutnya yaitu berikan hanya dedak / bekatul saja pada bulan pertama, kemudian setelah itu mulai diberikan pakan dengan kualitas protein kasar ditingkatkan sedikit demi sedikit sama bebek berumur 2 bulan barulah pakan dikembalikan ke kualitas normal yaitu protein kasar 17%-18% dan kalori sebesar 2700 – 2800 kkal. Karena biasanya pada waktu bebek sudah 2 bulan rontok bulu bebek akan kembali lagi mulai bertelur dengan normal.

Hal ini dilakukan agar supaya dapat menekan pengeluaran bajet, karena mengingat modal  yang paling besar dalam beternak bebek petelur terletak pada bajet yang dikeluarkan untuk membeli pakan / membuat pakan yang berkualitas. Jadi peternak dapat memilih jalan yang terbaik dalam menghadapi fase moluting bebek petelur yang terbaik menurut peternak semua.

Penulis memberikan 2 pilihan yang berdasarkan pengalaman adalah cara yang terbaik. So silahkan dipilih.


Terima kasih telah membaca artikel tentang cara menghadapi bebek fase moulting atau rontok bulu.

0 Response to "CARA MENGHADAPI FASE MOULTING ATAU RONTOK BULU PADA BEBEK PETELUR"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel