jenis konsentrat dan manfaatnya buat ternak bebek




Konsentrat, nama ini begitu sudah terdengar lumrah ditelinga para peternak, hampir seluruh peternak menggunakan yang namanya konsentrat. Namun dibalik penggunaan nya, tidak semua peternak paham bagaimana menggunakan konsentrat dengan semestinya dan pas agar tujuannya dari penggunaan konsentrat tersebut dapat tercapai maksimal.


Konsentrat merupakan pakan bernilai protein tinggi sehingga dalam penggunaan nya juga konsentrat sering dijadikan bahan pakan pokok dimana penggunaannya tinggal ditambahkan jagung/katul/bahan lain sehingga hasilnya diperoleh sebuah pakan campuran yang memiliki kadar gizi yang tepat untuk ternak.



Beberapa efek dari penggunaan konsentrat yang dapat kita temukan adalah :



  • Campuran konsentrat dengan bahan lain walaupun jumlah proteinnya sama tidak dapat sepenuhnya menggantikan pakan jadi dari pabrikan yang sama.




kadang kala saat kita mencampurkan konsentrat dengan bahan pakan lain saat kita menghitung kita telah mendapatkan hasil yang sama antara kadar protein kasar dan energy yang terkandung dalam pakan campuran yang telah kita buat bila dibandingkan dengan kadar protein kasar dan energy yang terkandung dalam pakan jadi dari pabrikan, namun yang jadi pertanyaan kenapa pada saat pengaplikasian pada ternak hasil pertumbuhan yang kita dapat akan berbeda antara pakan campuran buatan kita dengan pakan jadi pabrikan. Kenapa demikian, tentu saja karena kandungan mikro yang luput dari perhatian kita yaitu kandungan asam amino dan kandungan yang lain, yang tentu saja sangat berpengaruh untuk pertumbuhan ternak bebek kita, dan juga sangat baik untuk proses metabolisme sang bebek.

  • Kadar energi metabolisme menentukan laju pertumbuhan bebek


pada tahap starter akan lebih baik hasilnya apabila menggunakan konsentrat ayam broiler, dan pada saat bebek menginjak grower sampai panen akan lebih baik pula apabila pakan menggunakan campuran dari konsentrat babi, pertumbuhan bebek akan meningkat drastis. kenapa demikian...? karena kandungan akan energi metabolisme antara konsentrat ayam broiler, konsentrat bebek, dan konsentrat babi jelas berbeda, dan sisa dari energi yang digunakan untuk metabolisme akan disimpan oleh bebek menjadi timbunan lemak, tentu saja hal tersebut dapat meningkatkan bobot bebek



  • Untuk kecepatan pertumbuhan bulu pada itik maka konsentrat itik petelur lebih baik dari konsentrat lainnya.




Bulu unggas mengandung sub unit protein yang dinamakan methionin yang berkadar tinggi. Jika pakan yang diberikan memiliki kandungan asam amino methionin yang tinggi maka bulu unggas akan tumbuh dengan baik. Kandungan methionin dalam konsentrat tentunya telah disesuaikan dengan kebutuhan ternak akan methionin, Jadi karena kebutuhan methionin itik petelur sesuai standar NRC 0,38%, sedangkan ayam petelur hanya 0,22% dan babi finisher 0,30% maka sudah seharusnya konsentrat itik petelur memiliki kandungan methionin yang tinggi dari konsentrat yang lain sehingga pertumbuhan bulu itik yang diberi konsentrat itik petelur lebih unggul dari konsentrat lainnya.

  • Konsentrat dengan type atau karung "Red" dan "Gold" akan memberikan warna kuning telur yang lebih cerah/merah dari konsentrat biasa.




Konsentrat dengan type "Red" atau "Gold" telah ditambahkan zat sintetis/organik Xanthopyll ataupun Astaxanthin sehingga menghasilkan warna kuning telur kemerahan atau merah cerah. Walaupun begitu pemerah kuning telur dari bahan alami semisal limbah udang memiliki keunggulan dengan hasil telur yang masir dan kandungan omega 3 yang alami.

  • Konsentrat hasil fermentasi sering disebut menyebabkan itik rontok bulu/moulting




pakan permentasi banyak sekali keunggulannya, disamping itu banyak juga peternak yang mengeluh bebek nya mengalami rontok bulu tidak semestinya dikarenakan menggunakan konsentrat hasil permentasi. hal ini mungkin saja karena fermentasi menggunakan ragi yang bersifat panas sehingga dapat menyebabkan bebek rontok bulu.

terima kasih telah membaca artikel tentang "jenis konsentrat dan manfaatnya buat ternak bebek" semoga bermanfaat.

0 Response to "jenis konsentrat dan manfaatnya buat ternak bebek"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel