ternak bebek pedaging untuk pemula


Bebek pedaging memang  lain hal nya dengan bebek petelur karena bebek pedaging hanya di ternak untuk diambil/dijual untuk sajian makanan yang lezat akan tetapi bebek pedaging sangat mudah untuk keberhasilan panen karena waktu yang singkat yauiti  kurang lebih hanya 40 hari saja,nah bagi pemula saya saran kan untuk ternak bebek pedaging karena perwatan yang sederhana tapi tingkat panen yg tinggi .

Dibeberapa group / komunitas peternakan sebuah media social banyak sekali pertanyaan tentang bagaimana cara yang benar ternak bebek pedaging supaya menguntungkan, tak sedikit penjelasan yang telah dihaturkan oleh para master bebek, namun tak sedikit pula para junior atau pemula yang kurang paham tentang penjelasan yang telah diberikan oleh para suhu. Nah menjawab semua pertanyaan tersebut artikel ini mungkin bisa sedikit membantu menemukan jawaban dari pertanyaan sobat sekalian yaitu:

Bagaimana Cara ternak Bebek Pedaging Untuk pemula


1.          Tahap Starter

·         Untuk anak bebek 1 – 14 hari

            A.      Kandang Box DOD: ·        

·         Untuk DOD Peking umur 1 – 14 hari dapat diisi 70 ekor untuk kandang box ukuran 1 x 2 meter
·         Untuk DOD Hibrida unggul umur 1 -14 hari dapat disi 80 ekor untuk kandang box 1 x 2 meter
·         Untuk DOD Hibrida Kw 1 umur 1 -14 hari dapat disi 80 ekor untuk kandang box 1 x 2 meter
·         Untuk DOD Lokal jantan  umur 1 -14 hari dapat disi 100 ekor untuk kandang box 1 x 2 meter         

 Berikan bohlam sebanyak 10 – 15 watt untuk setiap 0,5 x 0,5 meter agar supaya kandang box hangat dan tidak terjadi penumpukan DOD yang dikarenakan kurangnya kehangatan kandang atau tidak meratanya kehangatan kandang yang dapat menyebabkan kematian DOD,

 Untuk tempat pakan nya bisa menggunakan nampan atau tampah kemudian konsentrat / pakan dapat ditebar langsung diatas nampan tersebut. untuk tempat minum dapat menggunakan tempat minum yang biasa digunakan untuk tempat minum ayam broiler, tempat minum dapat digantung atau diletakkan langsung diatas lantai kandang box, berikanlah permukaan air minum batu kerikil atau kelereng agar hanya paruh nya saja yang bisa masuk untuk menghindarkan DOD mandi atau membasahi badan nya yang dapat menyebabkan bebek kedinginan dan mati.     
   
Berikanlah baskom atau nampah dibawah tempat minum agar air tumpahan dari dod minum supaya tanah dibawah kandang box tetap terjaga kering, ini dapat menghindarkan berkembang nya bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada Dod, selain penyakit juga dapat menghindari becek nya tanah dibawah kandang dan dapat mengurangi wangi yang tidak sedap.

             B.      Pemeliharaan DOD, anak bebek       
·         Apbila DOD dari pengiriman jarak jauh, masukkanlah DOD ke dalam kandang box namun jangan diberi makan dahulu, tunggu kira – kira 20 – 30 menit untuk adaptasi lingkungan terlbih dahulu.        
·         Setelah selesai diadaptasikan sekitar 30 menit barulah berikan minum air gula, antibiotic (trimezyn atau tetra-chlor, dan vitamin (Vitachick atau vitamin B-Complex namun jangan diberikan makan dulu sampai  atau DOD telah rata minum semua.
·         Setelah  atau DOD telah rata minum semua baru boleh berikan  makan Konsentrat BR 1 full sampai usia 14 hari,makanan diberikan dalam keadaan kering agar tidak mudah basi atau kadaluarsa, dan juga agar paruh DOD tidak lengket oleh makanan sehingga menghindarkan DOD dari penyakit.        
Catatan :
·         Pemberian air gula sekali saja pada saat DOD baru datang ·        
·         Pemberian antibiotik selama 3 hari berturut - turut ·        
·         Pemberian vitamin lebih selama 14 hari ·       
 
Pada hari kedua DOD ada baiknya diberi Vaksin ND Lasocta yang dicampurkan air minum, atau bisa diteteskan pada mata sebelah saja.kalau dicampur dengan minuman maka setelah 1 jam air minum yang ada vaksinnya diambil dan diganti air minum biasa yang telah dijelaskan seperti diatas.  
      
Usahakan agar Jangan sampai kehabisan pakan terutama minumannya selama 14 hari (keterlambatan minum bisa menyebabkan sakit flu atau hidung bengkak yang akhirnya bisa terserang penyakit lumpuh,sedangkan Keterlambatan pakan bisa menghambat pertumbuhan karena masih masa stater)  
  
Sampai di usia 10 hari mulailah perkenalkan dengan makanan campuran yaitu dedak / katul yang halus 5% dicampur BR 1, kemudian tiap hari tingkatkan dedak / katulnya naikkan menjadi  10% begitu seterusnya sampai diusia 21 hari pakan diganti: BR 2 sebanyak 25% dan Katul / dedak halus sebanyak 75% Namun akan lebih baik BR 2 sebanyak 20% + jagung giling sebanyak 20% ditambah Dedak halus sebanyak 60%.
      
2.          Tahap II  (Usia 21 HARI - panen)

Pada tahap ini bebek mulai dipindahkan kekandang Pembesaran, yaitu  Kandang lantai tanah diberi alas  jerami kering atau sekam, atau dengan kandang panggung juga bisa. lebih baik bila sebelumnya lantai disterilkan dulu dengan kapur dan desinfektan, setiap kali lantai sudah kelihatan basah maka tutup lagi dengan jerami kering atau sekam atau kalau masih mungkin bisa dilakukan pembalikan jerami atau sekam yang ada. Namun lebih disarankan apabila bisa menjaga kekeringan lantai kandang dengan cara disapu saja (dibersihkan kotorannya tiap hari) maka tidak perlu dilapisi jerami atau sekam (karena lapisan sekem kadang kelihatan kering dari luarnya saja sedang bagian dalam sekam tetap basah dan bisa menimbulkan ulat didalam sekam yang dapat menimbulkan  penyakit lain. ·        

Untuk Tempat pakan bisa dibuat kotak memanjang ukuran 20 x 100 x 4 cm atau bisa juga menggunakan  talang air secukupnya.  
     
 Membuat Tempat minum :      

Buat lubang dilantai  dalam kandang  kedalaman 50 cm, Panjang 150 cm, dan Lebar 100cm atau bisa dikira – kira secukupnya.lalu Lubang ditutup dengan kawat atau bisa juga menggunakan bambu.     Tempat minum dapat menggunakan tempat minum  ayam broiler kapasitas 7 liter untuk 70 – 75 ekor bebek lalu letakkan tempat minum diatas lobang yang telah disiapkan sehingga tumpahan air minum akan tumpah kedalam lubang yang telah disiapkan tadi dan tidak menggenang ditanah yang akhirnya dapat mengakibatkan  kandang becek.permukaan  tempat minum usahakan dipersempit dengan cara didisi batuan kecil atau kelereng untuk menghindari  digunakan bebek untuk mandi, sehingga cukup paruhnya saja yang masuk. 
       
Untuk makanan Beri pakan basah / mamle dengan perbandingan: Konsentrat / pakan buatan Pabrik BR 2 sebanyak 25% dan Dedak halus sebanyak 75% Atau lebih baik: Konsentrat / pakan buatan pabrik BR 2 sebanyak 20%,  Jagung giling sebanyak 20 % dan  Dedak halus sebanyak 60%.   
     
Perhatikan setiap saat, Kandang harus selalu terjaga kekeringannya atau kelembabannya dan kebersihannya, Kandang jangan pengap perhatikan sirkulasi udara sehingga gas amoniak bisa mudah terbawa angin keluar , Akan lebih baik beri pakan terus menerus sehingga bebek tidak rakus saat pakan datang (bebek cepat gemuk dan cepat dipanen) . 

Air minum jangan sampai terlambat/kehabisan (bisa menyebabkan sakit flu atau hidung bengkak), Pisahkan / kelompokkan bebek berdasarkan ukuran perkembangan pertumbuhan / besarnya, karena yang kecil akan selalu kalah Yang kecil pisahkan diberi pakan kurangi dedaknya dan tambah konsentrat BR 2  kalau perlu full konsentrat agar pertumbuhannya menyusul yang lain.

Apabila sudah panen maka bersihkanlah kandang yg sudah dipakai agar selanjutnya bisa diisi dengan yg baru pembersihan kandang juga bertujuan agar bakteri atau parasit tidak berkembang di kandang yg tidak berisi.

3.          Luas Kandang Ideal

             ·         Umur 1 – 12 hari                          : Kandang box ukuran 1 x 2  isi  50 – 80 ekor /
             ·         Umur 13 – 21 hari                        : Kandang lantai / panggung isi 30 ekor /
             ·         Umur 22 – 28 hari                        : Kandang lantai/panggung isi 22 ekor/
             ·         Umur 29 – 35 hari                        : Kandang lantai/panggung isi 17 ekor/
             ·         Umur 36 – 42 hari                        : Kandang lantai/panggung isi 10 ekor/
             ·         Umur 42 hari keatas                     : Kandang lantai/panggung isi 6 ekor/.     


4.          Pemberian vitamin dan obat-obatan
·         Umur 1 – 3 minggu          : Pemberian vitamin : vitachik atau B-Complex
·     Umur 1 – 3 hari  : Pemberian anti biotik: Tremezyn/ Tetra chlor  Doctril atau apabila ada gejala sakit.     


5.          Bobot Perawatan

                    ·         Bebek Peking                      : usia 40 hari bisa mencapai 1,5 Kg
                    ·         Bebek Hibrida Unggulan    : usia 45 hari bisa mencapai 1,5 Kg up ( tidak rata )
                    ·         Bebek Hibrida KW 1           : usia 45 hari bisa mencapai 1,3 Kg up
                   ·         Bebek  Lokal                        : usia 45 hari  bisa mencapai 1,1 Kg ; 1,2 Kg ; 1,3 KG ( tidak                                                                    
rata ) 6.     

Catatan:

a.      Kandang box tempatkan dikandang pembesaran no 1,
 Dengan Desain: Buat kaki kandang box tinggi 20 cm diatas tanah, Buat pintu disamping depan, Buat jalan landai untuk naik turunnya DOD dari kandang box ketanah dan Buka kandang box di usia 14 hari.
Tujuan: Agar DOD menyesuaikan suhu lingkungan secara alami, karena dengan menurunkan secara paksa bisa stress karena perubahan suhu lingkungan yang ekstim dan mengakibatkan kematian.

b.      Perubahan pemberian campuran pakan yang dratis bisa mengakibatkan stres / malas makan karena perubahan rasa dan bisa sakit, untuk itu perlu pengenalan pelan pelan

c.       Perubahan pola pemberian pakan yang dijatah mengakibatkan bebek sering menahan lapar sehingga saat pakan datang menjadi rakus dan berebut kasihan yang kecil kalah berebut akhirnya tetap kerdil. Untuk menghindari itu: beri pakan camilan, sebenarnya akan lebih bagus beri pakan seperti waktu di kandang bok tanpa batas

d.      Untuk meningkatkan produktivitas/hasil, gunakan system estafet (mengisi kandang setiap 2 Minggu sekali karena untuk meminimalkan kandang box karena DOD berada dikandang box sampai usia 14 hari jadi agar tidak perlu membuat kandang box lagi), dan bersihkan (sapu) kotoran bebek dikandang setiap hari.

Terima Kasih telah membaca artikel “ternak bebek pedaging untuk pemula” semoga bermanfaat.

1 Response to "ternak bebek pedaging untuk pemula"

sahrul said...

joss sekali ternak bebek nya untuk para pemula yang mau ternak bebek.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel