keunggulan pakan basah untuk bebek pedaging

keunggulan pakan basah untuk bebek pedaging
Di dalam beternak bebek, terdapat dua macam sistem pakan yang biasa digunakan oleh para peternak bebek yaitu pakan basah dan pakan kering. pakan basah adalah pakan yang dalam sistem pemberian nya berbentuk basah atau lembab yang biasanya dicampur dengan air dengan konsentrasi yang biasanya disesuaikan dengan keinginan peternak bebek itu sendiri. sedangkan pakan kering adalah pakan yang dalam sistem pemberiannya tidak menggunakan campuran air sama sekali.


pakan Kering memiliki keunggulan yaitu :


  • Pakan tidak mudah basi
  • Praktis dalam pemberiannya kepada bebek petelur
  • dapat dengan tepat menghitung nutrisi yang terkandung 
  • tempat pakan tidak mudah kotor
Namun pada artikel kali ini kita tidak akan membicarakan panjang lebar tentang pakan kering namun sesuai dengan judul diatas lebih kepada pembahasan tentang keunggulan dari pakan basah terhadap bebek pedaging.

pakan basah memiliki kelemahan yaitu diantaranya pakan basah mempunyai waktu bertahan hanya sekitar 6 jam, kalau dalam waktu tersebut pakan tidak diganti atau dibuang kemungkinan pakan akan menjadi basi dan bukan tidak mungkin akan meracuni bebek. sebaiknya juga dalam penyedian / pemberian pakan terhadap bebek hitunglah sesuai dengan kebutuhan bebek agar tidak bersisa dan mengakibatkan pemborosan terhadap biaya pakan yang bersisa. dan juga bersihkan lah setiap memberikan pakan basah kepada bebek karena kalau tidak dicuci pakan yang masih bersisa atau menempel diwadah akan mengakibatkan tumbuhnya jamur dan juga tentu hal tersebut dapat menimbulkan penyakit kalau hal tersebut terus terjadi secara berkelanjutan. jadi yang rajin ya bersihkan sisa pakan yang berada diwadah setiap kali memberikan pakan biar bebek nya sehat. he...he..


Berikut Keunggulan Pakan basah terhadap bebek pedaging




  • Lebih disukai oleh bebek sehingga bebek lahap makan nya karena sesuai dengan asal dari bebek itu sendiri yaitu hewan air yang suka dengan makanan bernuansa basah. so kalau bebeknya lahap makan tentu saja pertumbuhan nya juga cenderung cepat.



  • Bahan Pakan yang dibasahi akan membuat enzim yang terdapat pada bahan pakan bekerja ( D'Mello dkk 1985). Enzim yang terkandung dalam bahan pakan kering akan aktif apabila bereaksi dengan air (H2O) sehingga akan membuat pakan basah mudah dicerna oleh bebek dan melancarkan proses pencernaan bebek.



  • Pakan basah yang diberikan pada bebek akan mengurangi aktivitas bebek untuk pergi ke tempat minum ( Riyanto dkk, 2016). Aktivitas pergi ke tempat minum berkurang dikarenakan pakan telah memiliki kandungan air sehingga bebek tidak kesulitan untuk menelan pakan sehingga energi yang digunakan relatif berkurang karena aktivitas bebek untuk berlari ketempat minum sedikit dikurangi dan karena energi yang dibakar di kurangi otomatis energi yang ada akan disimpan menjadi lemak sehingga bobot bebek akan meningkat.

  •  Pakan yang dibasahi akan melarutkan karbohidrat pada pakan sehingga pakan akan berkurang kelekatannya disaluran pencernaan sehingga lebih cepat diserap oleh tubuh bebek.Ini merupakan sambungan dari penjelasan dari nomor satu yang menyatakan enzim akan aktif karena pakan dibasahi yang meyebabkan pakan berkurang kelengketan nya di daluran pencernaan bebek sehingga akan terserap sempurna oleh sistem pencernaan bebek.



  • Bahan pakan yang dibasahi membuat tekstur nya agak lembut sehingga memudahkan dalam proses pencernaan oleh bebek jadi energi yang digunakan oleh sistem metabolisme agak sedikit kecil dibanding dengan pakan kering sehingga energi yang akan disimpan akan lebih banyak karena energi yang digunakan sedikit.

  • Probiotik yang ditambahkan dalam pakan basah akan lebih bekerja optimal karena pakan basah memiliki kandungan air yang cocok untuk tempat hidup dan berkembang biak mikroba dengan baik dibandingkan dengan probiotik yang ditambahkan pada pakan kering.


jadi setelah kita membaca pemaparan diatas begitu banyak keunggulan pakan basah dari pakan kering walaupun dalam penyajian nya agak sedikit membutuhkan ekstra tenaga dibandingkan dengan pakan kering.

Terima kasih telah membaca artikel tentang "keunggulan pakan basah untuk bebek pedaging" semoga bermanfaat.

0 Response to "keunggulan pakan basah untuk bebek pedaging"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel