Ternak bebek Tumpang sari Penghasil daging sekaligus telur dalam satu periode

Ternak bebek Tumpang sari Penghasil daging sekaligus telur dalam satu periode


Peternakan bebek, sebuah usaha yang memiliki prospek yang sangat baik, begitu pesat nya permintaan akan komoditi yang diandalkan nya yaitu telur dan daging bebek. membuat nama bebek menjadi terkenal ditelinga masyarakat baik dari penikmat (konsumen) dan juga dari sisi pengusaha yang selalu berusaha agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Nah mungkin yang sering kita dengar tentang tipe peternak bebek ada dua jenis yaitu ternak bebek pedaging dan ternak bebek petelur. Kalau pedaging biasanya bebek yang diternakkan lebih kepada bebek jantan dan kalau peternak bebek petelur biasanya bebek yang diternakkan adalah bebek Betina.

Kok tidak ada yang Jadi peternak Tumpang sari Atau multi fungsi dalam sekali jalan…?

Pasti Teman –teman semua Jawab ada..

Karena peternak bebek Petelur Biasanya juga menjual daging bebek afkir setelah masa produksi selesai..

He…he….. kalau itu kayaknya bukan peternak bebek tumpang sari tapi peternak bebek petelur yang menghabiskan produk sisa…

Kalau yang ingin saya coba bahas kali ini ialah peternakan bebek tumpang sari yang hasilnya ganda yaitu daging dan telur dengan sekali jalan… ayo kita coba kupas..

Ternak bebek Tumpang sari Penghasil daging sekaligus telur dalam satu periode


Maksudnya begini jadi kalau biasanya peternakan bebek itu hanya menghasilkan daging atau telur dalam satu dekade nah untuk satu ini saya ingin mencoba memperkenalkan peternakan bebek tumpang sari….


Caranya begini.

1)      Tahap pertama

Ternak bebek Tumpang sari Penghasil daging sekaligus telur dalam satu periode
Jadi pada saat peternak mau memulai usaha peternakan bebek tumpang sari penghasil daging sekaligus penghasil telur. Tunjuannya sekarang adalah bagaimana dapat menghasilkan daging sekaligus telur untuk hasil produksinya,  Jadi yang pertama Anda harus memesan bibit bebek yang basicnya Petelur bisa mojosari, alabio, dll. Pesanlah yang berjenis kelamin jantan dan betina dengan jumlah 50% : 50%, pada tahap Stater sampai pada tahap grower Perlakukanlah bebek sebagaimana ternak bebek pedaging seperti biasanya dengan pakan yang relative sama dengan pakan yang diberikan untuk pemeliharaan bebek pedaging untuk lebih jelas bisa dibaca pada artikel saya yang berjudul Cara Sukses ternak bebek pedaging, setelah tahap ini selesai kurang lebih sampai bebek berumur 2 bulan sampai 3 bulan biasanya bobot bebek telah memenuhi kriteria untuk dipotong, jadi pisahkan lah bebek jantan dan betina. Bebek jantan silahkan dijual sebagai bebek pedaging. dan yang betina peliharalah sesuai dengan system pemeliharaan bebek petelur dengan baik sampai bertelur untuk lebih jelas tentang pemeliharaan bebek petelur silahkan baca artikel yang berjudul Cara Sukses Ternak Bebek Petelur.


2)      Tahap kedua

 Selagi menunggu bebek betina bertelur, Uang hasil penjualan bebek jantan tadi dapat dikelola lagi dengan membeli bibit bebek yang baru namun manajemen yang sama yaitu pemeliharaan bebek petelur dengan jumlah jantan dan betina tetap 50% : 50%, yang tentu saja bibit yang kita dapat lebih sedikit dari jumlah yang kita pelihara pada tahap pertama karena pada tahap ini bibit yang kita beli adalah dari hasil penjualan bebek jantan yang kita jadikan bebek pedaging pada tahap pertama. Teruskan siklus ini sampai uang yang kita dapat dari penjualan bebek jantan tidak memadai lagi untuk memebeli bibit bebek.


3)      Tahap Ketiga

Setelah proses selesai dan bebek jantan telah terjual semua yang tersisa sekarang adalah bebek betina yang memiliki tingkatan umur yang berbeda dengan jarak antara 2 bulan sampai 3 bulan, dan yang kita lakukan sekarang adalah pemeliharaan bebek tersebut sampai bertelur hingga afkir. Setelah afkir bebek betina pun dapat dijual menjadi bebek pedaging, tentu saja yang pertama dijual adalah bebek betina pada tahap pertama.


4)      Tahap keempat

Setelah bebek betina pada tahap pertama afkir dan dijual gunakan uang hasil penjualan bebek betina afkir tersebut ditambah hasil penjualan telur untuk membeli bibit bebek Petelur dengan konsentrasi bebek jantan dan bebek betina tetap sama yaitu 50% : 50% dan ulangi lagi siklus peternakanan bebek tumpang sari dari tahap pertama sampai tahap keempat sehingga usaha peternakan bebek yang dihasilkan adalah usaha peternakan bebek yang terus continue dan tidak pernah berhenti produksi baik dari daging maupun telur.


Keuntungan Ternak bebek Tumpang sari Penghasil daging sekaligus telur

a)      Menghasilkan produk ganda yaitu telur dan daging
b)      Modal yang digunakan terus berputar sehingga usaha ternak bebek pun terus berjalan
c)       Produk yang dihasilkan terus menerus
d)      Tidak memerlukan tempat yang berbeda antara bebek pedaging dan petelur


Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Ternak bebek Tumpang sari Penghasil daging sekaligus telur dalam satu periode"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel