Memperbesar Telur Bebek Petelur Menjadi Lebih Besar dan Maksimal




Didalam beternak bebek petelur, tentu yang diperhatikan adalah produksi telur si bebek itu sendiri, didalam mekanisme penjualan memang pada saat kita menjual telur bebek maka telur bebek biasanya di jual dengan harga per satuan telur bebek, namun jangan salah walaupun begitu adanya tetap saja si pengepul / sipembeli masih saja memperhitungkan harga dengan memperhatikan kualitas telur, yang diperhatikan oleh sipengepul / pembeli biasanya ada 2 macam yaitu ukuran telur dan warna kuning telur itu si bebek.

Dalam membeli telur bebek sipengepul / pembeli biasanya menggunakan ukuran yang berbentuk mistar yang memiliki bolongan di tengah nya dan pada saat mengukur telur dimasukkan ke dalam bolongan tersebut apabila telur masuk atau lolos pada saat dimasukkan kedalam bolongan tersebut maka ukuran telur akan dikategorikan ke dalam ukuran kecil, dan tentu harga nya pun akan berbeda dengan telur yang tidak lolos pada ukuran tersebut.

terus gimana ya cara nya agar telur bebek yang di jual memiliki ukuran yang besar, baik untuk kali ini kita akan mencoba bahas tentang bagaimana cara mengupayakan agar telur bebek memiliki ukuran yang besar,, he,,,,he,,, sebesar telur angsa... gak lah..! maksud nya memiliki ukuran maksimal untuk ukuran telur bebek biasanya.

baca juga :


ayo lanjut bahas apa saja yang dapat mempengaruhi ukuran telur bebek.


  • genetik atau bawaan bebek itu sendiri.

genentik atau bawaan ya maksudnya disini bahwa jenis bebek memiliki ukuran telur yang bebrbeda-beda. maksud nya tergantung dengan ukuran atau perawakan bebek tersebut, kalau bebek yang memiliki perwakan yang besar otomatis akan menghasilkan telur yang besar sesuai dengan bobot tubuhnya sendiri. contohnya bebek peking dan bebek magelang tentu saja telur nya akan lebih besar dari telur yang dihasilkan oleh bebek mojosari dan campbell, akan tetapi kita dapat mengusahakan untuk mendapatkan telur yang besar dengan perlakuan kita terhadap pemeliharaan yang sesuai.

  • Pendewasaan itik secara paksa

pendewasaan itik secara paksa maksudnya disini bebek yang belum cukup umur akan tetapi telah diberikan pakan atau serum yang diperuntukkan untuk mendewasakan kelamin bebek agar cepat bertelur. hasilnya bebek memang bertelur cepat akan tetapi bebek akan menghasilkan telur yang ukurannya kecil - kecil untuk selamanya. jadi sebaiknya cukupkanlah umur bebek baru kemudian usahakan untuk telur, karena kalau bebek yang kelaminnya terlalu cepat rangka tubuh si bebek dan alat reproduksi belum terbentuk masimal namun telah terjadi pembentukan sel telur, so biarkanlah dulu bebeknya berumur cukup bro. kalau udah gitu tentunya akan indah pada waktunya.

  • Jam terbang bebek bertelur

Bebek juga punya jam terbang bertelur ya,,,, he..he.. maksudnya disini bebek yang baru belajar bertelur biasanya ukuran telur bebek kecil - kecil. ini normal kok.... dengan catatan bebek sudah memiliki umur yang optimal untuk bertelur... dan seiring bertambahnya umur dan jam terbang bebek dalam bertelur bebek juga akan menghasilkan ukuran telur yang lebih besar, terlebih setelah fase rontok bulu pertama biasanya terjadi perubahan ukuran telur bebek yang cukup signifikan.

  • Kandungan pakan

Begitu banyak kandungan pakan yang mempengaruhi ukuran telur seperti asam amino, methyonin, lysin dan lain - lain namun saya tidak akan membahas hal tersebut disamping terlalu sulit untuk dipahami kayak nya tidak terlalu berpengaruh. jadi lebih baik kita bahas dua kandungan saja yang sudah cukup peternak bebek kenal yaitu protein kasar dan kalori. intinya begini cukupkan lah kalori untuk keperluan metabolisme bebek perhari supaya kebutuhan metabolisme bebek tidak diambil dari persediaan protein kasar yang seyogyanya digunakan untuk proses pemebentukan sel telur pada bebek.

untuk lebih jelas tentang kebutuhan proetein kasar dan kaolri pada bebek baca juga artikel tentang menyusun ransum / pakan bebek petelur.

Terima kasih semoga artikelnya bermanfaat. dan telur bebek para peternak bebek petelur memiliki ukuran yang maksimal.

0 Response to "Memperbesar Telur Bebek Petelur Menjadi Lebih Besar dan Maksimal"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel