Bebek Butuh sayuran


Apakah bebek memerlukan sayuran…? Jawabannya pasti perlu, akan tetapi akan lain jawabannya apabila pertanyaan ditujukan kepada peternak bebek skala besar, tentu mereka akan menjawab tidak karena semua kebutuhan nutrisi bebek telah dipenuhi oleh por atau pakan pabrikan.

Pemberian sayuran juga dapat mempengaruhi bobot bebek ataupun produktivitas telur yang diharapkan. Karena apabila bebek diberikan sayuran tanpa memperhatikan takaran maka akan mempengaruhi daya konsumsi bebek terhadap pakan pabrikan atau ransum, yang mengakibatkan kebutuhan akan protein tidak terpenuhi dengan maksimal. Jadi kesimpulan nya kita harus pintar pintar memberikan sayuran seperlunya nya saja jangan sampai bebek kenyang makan sayur dan tidak mau makan makanan pokoknya ( ransum).

Lalu kapan waktu yang tepat untuk memberikan sayuran hijau untuk bebek.? Jawaban nya pada saat bebek memasuki fase grower yaitu pada saat bebek berusia 1 – 5 bulan, karena pada saat usia ini bebek cenderung memiliki nafsu makan yang sangat tinggi jadi kalau kita memberikan pakan sayuran pada fase ini tentunya dapat menghemat pengeluaran dari segi pakan. Dan juga tentunya bebek dapat merasa kenyang dengan diberikan sayuran. Dan juga kita semua tau kalau sayuran juga memliki manfaat yang baik dan juga harganya lebih terjangkau tentunya.
Sayuran hijau juga mengandung zat yang dapat membuat kuning telur bebek menjadi cerah (orange), yaitu pigmen karotinoid diantaranya Xanthopil dan keratin pada kloroplastnya.

Vitamin juga dibutuhkan oleh bebek. Jadi pemberian pakan yang memiliki vitamin mutlak dibutuhkan, apakah pakan pabrikan tidak memiliki vitamin.? Pakan pabrikan mengandung vitamin namun vitamin adalah zat yang mudah rusak akibat penyimpanan yang tidak benar sehingga bebek dapat kekurangan vitamin jadi untuk mengantisipasi hal tersebut kita dapat memberikan sayuran hijau yang sudah terbukti memiliki kandungan vitamin

Mineral merupakan nutrisi yang sering dilupakan dalam ransum bebek karena kebutuhannya sedikit dan biasanya baru terlihat bila gejala kekurangan mineral telah muncul, seperti bebek lumpuh atau memakan telurnya sendiri. Pemberian hijauan merupakan sumber mineral murah meriah untuk bebek.

Hijauan juga merupakan sumber serat bagi bebek yang berguna untuk memacu pertumbuhan organ pencernaan dan mencegah penggumpalan ransum dalam lambung dan usus itik. Dan ternyata bebek memiliki kemampuan menggunakan serat lebih baik dari ayam karena sekum/usus buntu itik berkembang lebih baik dari ayam!!!. Didalam usus buntu tersebut terdapat mikroba yang mampu mencerna serat kasar menjadi asam lemak selulotik untuk kebutuhan energi.

Banyak hijauan yang ternyata mengandung anti oksidan yakni suatu zat yang dapat menangkal radikal bebas/benda asing yang bila masuk kedalam tubuh dapat menyebabkan kerusakkan. Gampangnya anti oksidant merupakan perisai/tameng penyakit bagi bebek. Yang lebih dahsyat lagi beberapa hijauan juga merupakan anti jamur, anti virus, dan anti bakteri.

Lalu bagaimana cara menghindari bahaya pestisida, mikroorganisme merugikan dan kandungan anti nutrisi pada hijauan? pestisida dapat dihilangkan dari hijauan bila dicuci dengan air mengalir.

Terus bagaimana dengan masalah bobot atau produksi bebek yang kurang maksimal bila diberi hijauan? Benar terjadi bobot kurang atau produksi tidak baik bila kita memberikan ransum termasuk hijauan tadi tanpa memperhitungkan kebutuhan bebek. Yang penting bebek kenyang. Artinya pakan hijauan pun tetap harus dihitung sebagai salah satu komposisi pakan dengan memperhitungkan nutrisinya. Sebab kandungan energi metabolisme hijauan rata-rata rendah bila dibandingkan bahan lain, karena energi metabolisme rendah maka ransum berkurang nilai energinya yang berakibat pakan hanya cukup untuk hidup dan tidak ada yang disimpan untuk tubuh ( bebek kurus ) apalagi untuk produksi telur ( produksi turun ). Jadi ya baiknya kita juga harus tahu nilai nutrisi hijauan yang akan kita berikan buat itik kita.

Berikut ini nilai energi metabolisme, protein dan serat kasar pada beberapa hijauan yang dapat digunakan sebagai pakan bebek, dan sekali lagi perlu diingat bahwa mungkin saja terdapat nilai yang berbeda dari hijauan yang sama karena perbedaan jenis, asal, cara budidaya, lingkungan tumbuh, cara pemanenan, penyimpanan dsb.

Tepung azolla : EM = 1807, crude protein = 27, serat kasar = 9,1. 
Tepung eceng gondok : EM = 1720, crude protein = 6,31, serat kasar = 26,61 
Tepung singkong : EM = 1300, crude protein = 29 , serat kasar = 21,9 
Tepung Lamtoro : EM = 1140, crude protein = 23,2 , serat kasar = 20,1 
Tepung pepaya = EM = 1230, cp = 23,5 , sk = 11,3 
Tepung turi : EM = 1230, cp = 31,7 sk = 22,4 
Tepung gamal : EM = 1300, cp = 25,17, sk = 14 
Tepung kangkung : EM 1200, cp = 25,28 sk = 60,09

Pemberian hijauan untuk itik diantara dilakukan dengan :

1. Pemberian langsung Hijauan setelah dibersihkan dirajang dan dicampurkan pada ransum bebek. Keuntungan cara ini adalah kita mendapatkan hijauan yang asli dalam artian kadar protein, vitamin mineral dan zat-zat lain dalam kadar tinggi. Kerugiannya zat yang tidak diinginkan semisal anti nutrisi juga masih tinggi.

2. Dengan fermentasi Hijauan setelah dibersihkan dan dirajang dicampur dengan bahan pakan lain semisal dedak dan jagung dan dikukus sebentar kemudian didinginkan dan ditambahkan starter baik itu ragi tape, ragi tempe, em4, bakteri asam laktat kemudian disimpan dalam wadah kedap udara.

3. Dibuat tepung daun/ekstrak kering Hijauan dicuci , ditiriskan, dan disimpan dalam suhu 30-32°c atau dijemur dipanas matahari. Setelah kering tinggal dihaluskan.selesai.

4. Diambil sarinya saja misal protein saja ( konsentrat protein daun ). Secara mudahnya prosesnya adalah: Hijauan dicuci kemudian dimasukkan kedalam air mendidih selama 3-10 menit ( blanshing) untuk inactive enzim dan mematikan mikroba patogen. Setelah itu dihancurkan ( blender ) untuk memecah dinding sel hijauan dan disaring menggunakan kain saring. Hasil saringan ( filtrat) dipanaskan pada suhu 80-90°c selama 15 menit agar terjadi koagulasi ( pembekuan ) protein. Hasil pemanasan didinginkan dan dimasukkan dalam wadah untuk kemudian di sentrifugasi ( diputar ) selama 30 menit dengan kecepatan 1000 rpm ( rotari per minute/putaran per menit). Endapan yang dihasilkan dipisahkan untuk kemudian dikeringkan dengan oven. Hasil pengovenan digiling kembali dan diayak, hasilnya berupa konsentrat protein daun yang bisa ditambahkan ke ransum yang memiliki kandungan protein rendah.


Kalau tidak mau gampang pilih aplikasi yang nomor 1 saja yang penting kita dapat manfaat dari bahan pakan alternatif hijauan.

0 Response to "Bebek Butuh sayuran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel