Cara menghasilkan telur bebek yang berkualitas



Biasanya Seorang peternak bebek petelur sering mendapatkan kesulitan, dimana telur yang dihasilkan bebeknya tidak sesuai dengan telur bebek yang berkualitas, padahal mereka telah mengeluarkan biaya dan waktu yang tidak sedikit saat memelihara bebeknya tersebut. Berbagai macam kendala tentang kualitas telur diantaranya adalah ukuran telur kecil, telur infertil, kerabang telur kotor dan retak, kuning telur berwarna pucat dan kerabang telur putih atau tipis.

cara menghadapi kendala yang sering ditemui peternak bebek petelur

1. Telur terlalu kecil

ukuran telur bebek yang kecil atau tidak sesuai dengan standar tentu saja harganya pun akan lebih murah dari telur yang memenuhi standar, bahkan telur yangsangat kecil bisa tidak memiliki nilai jual sama sekali. Telur kecil hanya dihasilkan oleh itik yang sedang belajar bertelur atau itik anda mengalami :


  • usia bebek kurang dari 5,5 bulan


Idealnya bebek belajar bertelur pada umur 5,5  bulan namun kenyataan dilapangan peternak malah seringkali mengharapkan agar bebeknya cepat bertelur!!!. Padahal bebek yang terlalu muda bertelur akan menhasilkan telur yang kecil - kecil selamanya. karena fisik bebek belum tumbuh sempurna sedangkan pembentukkan telur telah terjadi. bebek matang kelamin diusia muda sebagai akibat dari pemeliharaan bebek yang dicampur antara jantan dan betina sehingga terjadi perkawinan sebelum waktunya dan juga karena itik menerima pencahayaan yang berlebih. Bila bebek bayah diberi pencahayaan sebelum waktunya maka cahaya lampu akan diterima oleh syaraf mata dan merangsang kelenjar hormon untuk memproduksi telur. Pemberian cahaya pada itik sebelum produksi sebaiknya sekedar agar bebek tidak ribut, untuk kemudian ditingkatkan menjadi 15 watt/10m2 bagi bebek menjelang bertelur dan kemudian ditingkatkan terus hingga bebek menerima cahaya terang selama 16 jam sehari dengan kekuatan sekitar 30 watt/10 m2.


  • Berat badan bebek saat bayah dibawah standar.


Saat bebek mencapai umur 12 minggu usahakan bebek telah mencapai bobot 1,2 kg untuk kemudian 20 minggu telah mencapai 1,3-1,4 kg. Bila bebek tidak mencapai bobot standar maka kerangka tubuh bebek tidak terbentuk sempurna dan akan menghasilkan telur yang kecil akibat terlewatnya " masa emas" pertumbuhan. Panjang tulang kering/shank juga dapat menjadi acuan maksimal tidaknya kerangka tubuh bebek. bebek siap telur jenis indian runner ( mojosari, tegal, magelang dsb) memiliki panjang tulang kering/shank antara 6,5-7 cm. Namun perlu diperhatikan juga jangan sampai bobot bebek terlalu tinggi/gemuk karena bebek yang terlalu gemuk akan sulit bertelur akibat timbunan lemak dalam saluran reproduksinya.


  • Bebek terkena penyakit pada saluran reproduksinya.

Serangan penyakit akibat virus seperti flu burung, ND/tetelo, IB dan EDS dapat menyebabkan infeksi pada saluran reproduksi sehingga bentuk telur bebek menjadi kecil, warna kerabang telur pucat, kerabang telur tipis, lembek atau bahkan tanpa kerabang sama sekali.


  • Kekurangan air minum dan nutrisi ransum.

Bebek yang tidak mengkonsumsi air minum untuk beberapa jam saja dapat berhenti bertelur dan kekurangan air yang terus menerus membuat hasil telur tidak maksimal. Nutrisi yang berperan dalam ukuran telur adalah asam amino methionin, lysine, asam linoleat dan lemak total. Beberapa sumber methionin adalah tepung daging, tempe, susu dan tepung ikan. Sedangkan sumber lysine adalah kacang kedelai, bayam, ikan sarden. Asam linoleat berasal dari lemak ikan, minyak kedelai. Dan sumber lemak didapat dari minyak, daging dan susu dan ikan. Dari paparan diatas terlihat bahwa ikan/tepung ikan merupakan komponen penting pembentukkan telur karena mengandung semua zat yang dibutuhkan untuk menghasilkan telur yang besar.

2. Telur bebek tidak fertil

Telur fertil memiliki harga jual yang lebih tinggi dari telur konsumsi dan telur fertil hanya dihasilkan dalam pemeliharaan Bebek yang memiliki pejantan atau melalui inseminasi buatan. Untuk menghasilkan telur fertil sebaiknya kita memperhatikan hal- hal sbb :


  • Pejantan indukkan minimal harus berusia 8 bulan tetapi tidak terlalu tua.

Usia produktif pejantan akan menghasilkan telur dengan fertilitas yang tinggi.


  • Rasio Antara bebek Pejantan dan Bebek betina sesuai

Semakin banyak pejantan maka semakin baik tetapi semakin tinggi pula persaingan antara sesama pejantan sehingga malah mengganggu proses perkawinan. Kebanyakkan peternak menggunakan rasio jantan : betina 1:8 untuk menghasilkan telur dengan fertilitas yang baik.


  • Perhatikan asal dan usia Pejantan

Semua pejantan sebaiknya berasal dari tempat yang sama dengan usia yang sama untuk meminimalisir persaingan antara sesama pejantan.


  • Keturunan Indukan

Pejantan dan betina sebaiknya memiliki hubungan kekerabatan yang jauh untuk menghindari perkawinan sedarah yang menurunkan sifat letal/cacat bawaan.


  • Nutisi Pakan Indukan

Pakan indukkan harus tercukupi nutrisinya dan lebih baik lagi bila ditambah vitamin dan bahan pakan yang dapat meningkatkan fertilitas itik pejantan seperti tepung kulit manggis, talas, kecambah dll.


  • Intensitas cahaya Untuk Pejantan

Bebek pejantan sebaiknya menerima sinar matahari/lampu sebanyak 12 jam lebih sehari untuk meningkatkan fertilitas.


  • Proses Pemanenan dan penyimpanan Telur

Diperlukan penanganan telur yang baik agar telur tetap fertil seperti menyimpan pada suhu 15°C dan menjauhkan dari bahan yang bersifat asam, tetesan air hujan dsb.

3. telur harus bersih dan tidak retak

Kerabang telur kotor dan retak kurang diminati konsumen telur bebek dan juga mengurangi daya tahan telur akibat cemaran bakteri. Telur kotor juga ibarat buah simalakama, bila dibersihkan terlebih dengan air dan alat kasar dapat merusak selaput pelindung telur dan merusak embrio telur. Bila tidak dibersihkan penampakkan telur buruk dan seringkali masih ada sisa bakteri yang dapat mengganggu proses penetasan. Lalu bagaimana caranya donk? Tenang setiap masalah pasti ada jawabannya hahaha kayak mario teguh aja...

Pembersihan telur usahakan dengan air hangat atau suhu diatas suhu telur yakni sekitar 22°C dan ditambahkan rebusan daun sirih . Air dingin akan memaksa telur kontraksi dan mendorong air dan mikroba masuk kedalam telur sementara daun sirih berfungsi sebagai antiseptic yang mematikan bakteri/mikroba. Telur retak jika ditetaskan juga bisa meledak dan mengotori telur yang lain. Sebenarnya ada cara agar kita tidak perlu membersihkan telur dan menjaga agar telur tidak retak. Yuk mari kita simak sama-sama.

Telur kotor dan retak terjadi bila alas kandang kotor, becek, tidak porous/menyerap air, keras/padat dan terinjak-injak bebek. Nah jadi kita harus membuat cara bagaimana alas kandang kita dapat sesuai dengan kebutuhan tersebut dan bebek tidak bertelur disembarang tempat. Alas kandang bebek petelur umumnya berupa lantai tanah, maka untuk menghasilkan telur bersih dan tidak retak ada baiknya bila kita membuat sarang penetasan/tempat bertelur dengan perbandingan 1 sarang untuk 4 ekor bebek. Bahan sarang bisa terbuat dari triplek dengan dibuat kotak bersekat dengan panjang dan lebar kira2 seukuran tubuh bebek lebih sedikit. Tinggi sarang diusahakan dibawah tinggi badan bebek sehingga tidak digunakan untuk tidur dan mengotori sarang. Alas tempat bertelur sebaiknya diberi tambahan bahan yang memiliki sifat kering, menyerap air, bebas jamur & kotoran, tidak mudah habis, tidak beracun bila termakan itik, murah & mudah didapat serta mudah dibersihkan.

Bahan yang bisa digunakan sebagai alas sarang adalah sekam, jerami, tongkol jagung, serutan kayu, potongan koran dll. Sebelum diberi alas lantai kandang dibersihkan dan diberi desinfektan kemudian diberi kapur untuk mematikan bakteri patogen dan menurunkan ph tanah sehingga produksi amonia berkurang dan kandang tidak bau. Setelah pemberian kapur dapat diberi pasir jika lantai tanah anda tidak berpasir agar lebih porous/menyerap air baru kemudian diberi alas kandang tadi. Alas kandang/litter terbaik untuk tempat bertelur menurut pengalaman adalah serutan kayu. Setelah sarang/tempat bertelur siap kadang itik tidak mau bertelur ditempat tersebut, hal ini dapat kita akali dengan meletakkan 1-2 butir telur pada sarang agar menjadi contoh bebek dimana dia harus bertelur. Jadi gak perlu kita yang nongkrong disarang ya hehehe...Bila alas sarang tersebut telah kotor, basah atau menggumpal sebaiknya diganti dengan alas sarang yang baru untuk hasil yang terbaik.

4. Supaya kuning telur orange

Harga telur bebek dengan kuning telur orange relatif lebih mahal 200-500 rupiah dibandingkan dengan telur yang memiliki kuning telur pucat. Warna kuning telur orange/merah disebabkan oleh kandungan karoten pada telur. Karoten banyak terkandung dalam pigmen xanthopil yang terdapat pada kelopak bunga & buah tanaman hijau, pada rangka luar crustacea hewan/serangga, bagian bulu beberapa spesies burung, tanaman air, ikan salmon dan produk susu. Ciri sederhana yang bisa kita amati dari bahan pakan dengan kandungan karoten tinggi adalah warna bahan pakan tersebut kuning/merah atau bila bahan pakan tersebut direbus akan berubah warna menjadi merah.

Untuk cara praktis menghasilkan telur dengan kuning telur orange/merah anda dapat menggunakan konsentrat yang sudah ditambahkan pigmen tersebut semisal 144 red, golden egg, kip dsb. Cara terbaik adalah memberikan asupan pakan alami dalam ransum itik seperti tepung /limbah udang, rejung/kejung, tepung cangkang kepiting, spirulina, tepung wortel, jagung kuning/orange, alfaalfa dsb. 

5. Kerabang telur berwarna putih dan tipis.

Untuk kerabang telur berwarna putih dan tipis hanya dapat terjadi bila :


  • Bebek terserang penyakit EDS, IB & ND

Ketiga penyakit tersebut disebabkan oleh virus yang menyebabkan perubahan warna telur lebih pucat, lembek, dan telur berubah bentuk atau mengecil untuk EDS. Sedangkan IB menyebabkan perubahan warna yang bervariasi dan saat dipecahkan maka putih telur menjadi encer. ND/tetelo menyebabkan kerabang telur pucat namun variasi warnanya tidak sebanyak IB. Pencegahan terhadap ketiga penyakit ini dilakukan dengan vaksinasi sedangkan pengobatannya sudah banyak yang mencoba walau belum 100% maximal dengan herbal yang bersifat anti virus seperti mahkota dewa, sirsak, pepaya, dan bawang putih. Kekurangan kalsium pada pakan juga dapat menyebabkan kerabang telur tipis. Sumber kalsium dapat berasal dari tepung tulang, tepung cangkang keong/bekicot, susu dll.

Yang perlu kita ketahui adalah ketiga penyakit tersebut menyerang setelah berhasil melumpuhkan sistem pertahanan pada saluran pernafasan. Jadi bila itik anda snot, ngorok ataupun mengalami gejala flu lainnya segera lakukan pengobatan karena bila sistem pertahanan saluran pernafasan tersebut lemah maka ketiga penyakit tersebut akan mudah menyerang itik kita.

  • Bebek hybrida


 Walaupun penampakkan/fenotif bebek hibrida seperti bebek lokal lainnya tetapi bisa saja itik tersebut memiliki darah hybrida akibat ibu,bapak, atau kakek neneknya memiliki darah peking atau campbell yang memiliki kerabang telur berwarna putih. 

Semoga bermanfaat dan para peternak bebk dapat menghasilkan telur bebek yang berkualitas.

0 Response to "Cara menghasilkan telur bebek yang berkualitas"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel